Menu

Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Hosting

Jun
19
2021
by : pirma. Posted in : Digital

Kamu pengen membuat website? Sebelum membuat website, tidak ada salahnya jika anda mengetahui dulu apa itu hosting. Hosting adalah layanan untuk menyimpan semua data, file, dan gambar  pada website. Layanan ini pula yang memastikan sebuah website dapat diakses via internet. Jadi, saat website kamu dibuka oleh orang lain, data-data yang ada di website kamu akan langsung ditampilkan. Pengertian hosting atau web hosting adalah sebuah tempat di mana file dan data yang diperlukan website disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. File website yang disimpan pada hosting berupa video, gambar, email, script, aplikasi dan database. Jadi, alurnya begini. Untuk membuka website kamu, orang harus mengetik alamat domain website kamu. Terus, domain tadi akan menuntun orang itu ke hosting yang sudah dibangun website kamu. Oleh karena itu ketika Anda ingin memiliki website, domain dan hosting adalah hal utama yang harus Anda beli.

Saat ini terdapat berbagai jenis layanan hosting yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan data website. Tapi sebelum Anda menggunakannya, pastikan untuk memahami kebutuhan website Anda mengenai hosting seperti apa yang cocok. Hosting juga ada beberapa macam yang sesuai dengan kebutuhan. Ada yang namanya shared hosting, dedicated hosting, VPS hosting, dan cloud hosting. Pada dasarnya, pembagian jenis hosting didasarkan pada penggunaannya. Ada satu hosting yang digunakan untuk satu website. Ada satu hosting yang bisa digunakan beramai-ramai. Ada juga satu hosting yang bisa digunakan beramai-ramai tapi berasa milik sendiri. Jenis Hosting itu sendiri terdiri dari :

Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis hosting yang dapat Anda temukan di hampir semua layanan hosting saat ini. Shared hosting dapat digunakan oleh banyak pengguna secara bersama-sama dalam satu server. Lantaran satu hosting dipakai untuk beberapa website/client, maka biayanya relatif murah. Karena harga yang murah itulah, biasanya para pengguna shared hosting adalah blogger dan situs web untuk portofolio. Kalau kamu ingin jadi blogger atau minimal pengusaha kecil, shared hosting adalah pilihan yang tepat buat kamu.

Rekomendasi Hosting

  1. Niagahoster gunakan kupon pirmaid untuk tambahan diskon 5%
  2. Domainesia gunakan kupon pirmaid untuk tambahan diskon 30%
  3. exabytes
  4. Idwebhost gunakan kupon aff-pirmaid
  5. Kalau hosting dari luar anda bisa coba Hawkhost

Kelebihan

  • Harga murah
  • Tersedia berbagai jenis paket berbeda berdasarkan resource yang disediakan, sehingga jika website Anda melebihi limit yang ditetapkan, dapat melakukan upgrade ke paket yang lebih tinggi.
  • Kebanyakan layanan sudah menyediakan kontrol panel seperti cPanel, sehingga dapat memudahkan Anda dalam mengelola website.
  • Anda tidak perlu repot melakukan manitenance pada server, karena sudah dihandle oleh layanan hosting.

Shared hosting sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki website dengan dana terbatas. Anda tidak perlu khawatir jika website Anda sudah mencapai limit yang ditetapkan oleh layanan hosting yang digunakan, karena Anda dapat melakukan upgrade ke paket hosting dengan limit yang lebih tinggi.

b. Kekurangan

Waktu loading website yang lebih lambat jika dibandingkan dengan dedicated hosting, tapi Anda dapat mengatasi hal ini dengan menggunakan CloudFlare.

Dedicated Hosting

Kalau hosting yang satu ini, kebalikannya dengan shared hosting. Kalau shared hosting adalah hosting satu dipakai untuk beberapa client. Kalau dedicated hosting adalah hosting satu dipakai untuk satu client saja. Misalkan orang pengen membuat website yang trafiknya sangat besar, misalkan membuat e-commerce atau sistem buat internal perusahaan, maka dia butuh hosting yang khusus untuk websitenya dan bisa dia otak-atik sesuka hati.

Jadi, dedicated hosting adalah hosting yang ruang penyimpanannya didedikasikan khusus untuk satu client saja. Keuntungannya kalau pakai dedicated hosting adalah kamu bisa mendapatkan sumber daya yang luas dan bebas untuk kamu gunakan. Selain itu, kamu juga tidak perlu direpotkan dengan pengaturan server virtual, karena server virtual sudah diatur oleh penyedia hosting.

VPS Hosting

Pengen punya hosting pribadi tapi dedicated hosting terlalu mahal? Atau pengen bisa mengatur hosting sendiri tapi shared hosting tidak mendukung itu? Berarti VPS hosting jawabannya. Lalu, bagaimana prinsipnya VPS hosting itu?

VPS hosting itu ada di tengah-tengah antara shared hosting dan dedicated hosting. Kalau diibaratkan, VPS hosting itu seperti rumah kos. Rumah kos itu memiliki banyak kamar kos untuk disewa. Nah, kamu yang ingin menyewa tempat, hanya perlu menyewa satu kamar saja. Tidak perlu menyewa satu rumah secara keseluruhan.

Tapi, kamu harus hati-hati ya kalau pengen memakai VPS hosting. Lantaran kamu bisa mengatur sumber daya sendiri, berarti kamu harus paham cara menggunakan VPS. Sebaiknya, langsung pakai dedicated hosting atau cloud hosting kalau kamu tidak ingin direpotkan dengan VPS.

Cloud Hosting

Mungkin kamu sudah tidak asing sama cloud hosting, kan? Ya, cloud hosting memang jadi primadonanya hosting akhir-akhir ini. Soalnya, website kamu akan lebih jarang down kalau pakai cloud hosting. prinsip cloud hosting adalah website kamu disimpan di beberapa server virtual. Jadi, ketika satu server mati, server yang lain masih bisa menghidupkan website kamu.

Rekomendasi Hosting

  1. Niagahoster gunakan kupon pirmaid untuk tambahan diskon 5%
  2. Domainesia gunakan kupon pirmaid untuk tambahan diskon 30%
  3. exabytes
  4. Idwebhost gunakan kupon aff-pirmaid
  5. Kalau hosting dari luar anda bisa coba Hawkhost

artikel lainnya Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Hosting

Monday 21 June 2021 | Digital

HawkHost adalah salah satu perusahaan hosting TOP dunia, hawkhost adalah sebuah perusahaan hosting yang tersebar di…

Saturday 19 June 2021 | Digital

Marketing merupakan kegiatan atau proses menciptakan komunikasi sehingga menimbulkan pertukaran yang saling menguntungkan atau kata lain…

Popular Search Terms

Jl Jerokaso 60 Bandung
085318362222
085318362222